Home >>Blog >Iklan Moral

Terry Endropoetro's avatar

Tubuhkan Budi Pekerti & Toleransi

Idenya langsung muncul di kepala saya, setelah turun dari gerbong commuterline. Walaupun desain, simbol, dan teksnya masih jauh dari sempurna.

Terlepas dari segala bias gender, tanpa hendak menuduh siapapun, tak memaksa pihak mana pun saya mencoba menggambarkan perilaku para penumpang commuterline. Masih banyak yang tak peduli dengan orang lain, kepada wanita hamil, orang tua, dan penyandang disabilitas. Termasuk mendengar pengalaman teman-teman yang mengatakan bahwa gerbong wanita terkadang lebih tak bersahabat pada sesama wanita.

Ketika setiap gambar ini ditayangkan 4 hari berturut-turut di akun twitter, facebook, dan fanpage, tanggapan positif berdatangan, tapi ada saja yang berkomentar negatif. Ada yang memberi acungan jempol, banyak pula yang menertawakan.

Tapi tak apalah, toh awalnya #iklanmoraluntukbangsa ini dibuat untuk 'MENGINGATKAN SAYA PRIBADI' agar berkelakuan lebih baik di kemudian hari. Yang penting ada 'sesuatu' yang saya lakukan untuk negeri ini. Sebuah 'aksi' (walaupun pasif) daripada hanya menggerutu.

Berselang beberapa bulan, suatu pagi saya dihujani pesan di sms dan whatsapp dari teman-teman, mengabarkan 4 #iklanmoraluntukbangsa buatan saya muncul di fanpage Kick Andy Show. Waaaaaaw... ajaib!

'Gambar amatiran' yang masing-masing mendapat 80 - 130 acungan jempol di akun facebook saya. Ternyata di fanpage Kick Andy Show mendapat 7.183 acungan jempol dan di-share oleh 1.064 pengguna facebook. Berarti sebanyak itulah yang sudah melihat #iklanmoraluntukbangsa yang sudah saya buat.Memang beda ya, kalau selebritis yang menyebarkan berita ha... ha... ha.... Luar biasa! █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: