Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Menyeruput Kopi di Caribou Coffee

Dari 23 negara penghasil kopi, Indonesia adalah penghasil kopi ketiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Bangga rasanya mengetahui kopi dari negeri ini digunakan Caribou Coffe, salah satu coffeehouse terkemuka Amerika Serikat.

Pada pembukaan kedai pertama Caribou Coffee di Jakarta, Nate Hrobak (Global Roastmaster) menjelaskan, bahwa negara-negara penghasil kopi di dunia dibagi menjadi 3 wilayah. Masing-masing memiliki kekhasan jenis, bentuk, rasa, aroma, serta cara memproses yang berbeda-beda.
Amerika Tengah dan Amerika Selatan
Mexico, Guatemala, El Savador, Nikaragua, Costa Rica, Kolombia, Ekuador, Peru, Brazil, Bolivia, Chile, Uruguay
Afrika
Somalia, Ethiopia, Kenya, Uganda, Tanzania, Sudan, Eritrea
Pasifik Rim
Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand.

Untuk menjaga kualitas, Caribou Coffee hanya menggunakan 1% biji kopi terbaik dunia. Dibeli dari petani dan pemasok yang memiliki 100% sertifikasi Rainforest Alliance. Semacam persyaratan yang mengharuskan memberi pengetahuan tentang pertanian, pengelolaan biaya pada para penghasil kopi agar kualitas kopi meningkat. Bukan itu saja, pengetahuan untuk melindungi hutan di sekitar perkebunan kopi, penggunaan air, serta pengolahan biji kopi yang baik dan aman. Hal ini memberi kesempatan bagi para petani untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Bisa dibilang hal tersebut merupakan bagian dari filosofi Caribou Coffee. Life is short. Stay awake for it, jalanilah hidup dengan penuh makna, termasuk menjaga lingkungan tetap alami dengan keragaman pepohonan dan bintang yang ada memang suatu keharusan. Toh, kita berharap sepuluh atau dua puluh tahun lagi kita masih bisa tetap merasakan kenikmatan menyeruput secangkir kopi.

MENGUJI KEPEKAAN & RASA
Di kesempatan yang sama, kami pun belajar bagaimana seorang ahli kopi mengenali dan menguji kopi. Ditemani Vanda Puspa —seorang ahli kopi, mulailah kami mengendus-endus beberapa bahan yang dihidangkan secara bertahap.

Mengendus aroma:

Mencicipi keasaman:

Mencicipi 'berat-ringan' rasa

Mencicipi cita rasa:

Membandingkan rasa:

Setelah berusaha dan tampaknya gagal sebagai penguji kopi, rasanya saya harus mengacungkan jempol untuk para ahli kopi dan barista yang memiliki kepekaan penciuman dan perasa yang sangat peka.

KOPI & SUASANA
Layaknya kedai-kedai kopi tradisional di Indonesia yang menjunjung tinggi suasana keakraban antar pemilik kedai dan pengunjung, ternyata Caribou Coffe juga memiliki visi yang sama. Layanan yang akrab menjadikan andalan coffeehouse di kawasan Senopati, Jakarta Selatan ini sebagai tempat berkumpul para pelanggannya.

Suasana yang hangat dan nyaman, didukung cita rasa black coffee atau minuman klasik berbasis espresso, seperti mocha, cappuccino, dan latte. Pilihan lainnya adalah Campfire Mocha, Turtle Mocha, Vannila White Mocha, dan Caramel High Rise. Penggunaan coklat asli sebagai campuran pemanis di dalam kopi menjadi ciri khas dan keunikan Caribou Coffe. Sementara bermacam pilihan bagels, scone, sandwiches, dan cakes dengan ukuran yang cukup besar. Menjadi pelengkap hari yang sempurna. █

CARIBOU COFFEE
Jl. Senopati N0.52, Jakarta Selatan
Jam buka: 06.30 ‐ 22.00 wib
Harga minuman: Rp20.000 ‐ Rp60.000
Harga makanan: Rp18.000 ‐ Rp50.000


Comments (3)

Topic:
Sort
0/5 (0)
Gravatar
Sari Novita says...
aduh aku ngak datang pas diundang...kan kita bisa ketemuann..hehe..asyik ya mbak tempat dan kopinya?
Gravatar
Tari Trisulo says...
Mba Teryyy..Thankyouu reviewnya =) Yuk kapan2 geng femina kongkow disitu yaa
Gravatar
Fetty suwande says...
Pinginnya nongkrong disana dengan dirimu an bamboo gank mba teiii

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: