Home >>Blog >Jalan-jalan

Terry Endropoetro's avatar

Monumen Lokomotif Trem Uap di Pasar Turi

Jangan lupa foto di sini, kalau kalian naik kereta api dan turun di Pasar Turi.

Ini salah satu monumen bersejarah perkertaapian Indonesia. Lokomotif trem uap dengan nomor B1239 ini merupakan keluaran pabrik Werkspoor yang dimiliki oleh Oost-Java Stoomtram Maatschappij, salah satu perusahaan kereta api swasta Hindia Belanda.

Lokomotif trem uap ini satu-satunya yang tersisa di Indonesia. Lokasinya di halaman depan Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Walaupun berada di tempat terbuka, tapi banyak yang tidak tahu. Bukan karena lokasinya, tapi karena kita turun dari kereta api, biasanya langsung menuju parkiran atau keluar area stasiun. Sementara, kalau mau berangkat naik kereta api, biasanya waktunya terlalu singkat dan terburu-buru.

Lokomotif trem uap jenis B12 ini dibuat di Belanda antara 1900 – 1902. Merupakan satu dari 45 lokomotif trem uap yang didatangkan oleh Oost-Java Stoomtram Maatschappij ke Surabaya. Kala itu trem merupakan transportasi modern perkotaan. Berbayar namun tarifnya terjangkau dan cepat. Selain Surabaya, trem juga ada di Semarang dan Jakarta.

Di Surabaya sendiri ada 3 jalur trem. Yaitu, Ujung – Benteng – Surabaya Kota – Simpang – Wonokromo, Surabaya Pasar Turi – Pelabuhan Tanjung Perak, dan Wonokromo – Sepanjang – Krian. Total panjang jalurnya adalah 47 km. Karena saya bukan orang Surabaya, agak sulit juga membayangkan jalur-jalurnya apalagi sisa-sisa relnya pun sudah tidak ada.

Lokomotif B1239 ini masih menggunakan teknologi uap, berbahan bakar potongan kayu jati. Kayu jati digunakan karena mampu menghasilkan panas dalam waktu cukup lama. Namun teknologi dunia mengalami kemajuan, listrik ditemukan dan mulai digunakan untuk banyak hal, termasuk di bidang transportasi. Pada 1924, Oost-Java Stoomtram Maatschappij mengganti trem uap dengan trem listrik. Lokomotif B1239 pun tidak lagi beroperasi.

Trem masih beroperasi di Surabaya sampai 1978. Setelah itu trem sebagai transportasi umum ditiadakan, karena dianggap tidak lagi efektif, dikalahkan oleh bus dan taksi yang bisa menjangkau banyak wilayah tanpa tergantung pada jalur rel. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.