Home >>Blog >Rumah Ibadah

Terry Endropoetro's avatar

Masjid Cheng Hoo, Surabaya

Cheng Hoo, seorang kasim muslim yang memimpin ekspedisi pelayaran Dinasti Ming pada 1405 dengan 307 buah jung (kapal layar). Dalam tujuh kali ekspedisi pelayaran yang dilakukannya, enam di antaranya 'mampir' di pulau Jawa. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana eratnya hubungan negeri Tiongkok dengan kerajaan Majapahit saat itu. Sambil melakukan ekspedisi dan berdagang inilah, Cheng Hoo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Di bagian atas bangunan panjang berwarna merah dengan atap berwarna hijau ini ada pagoda bertingkat tiga, yang memiliki delapan sisi melambangkan pat kwa ‐lambang keberuntungan dalam kepercayaan Tionghoa.

Begitu pula motif-motif hiasan di langit-langit teras dengan warna-warna kuning, hijau, biru khas negeri bambu. Papan yang digantung di atas pintu masuk bangunan pun berhuruf Cina, kalau tak melihat kalimat berhuruf latin: Masjid dMuhammad Cheng Hoo, mungkin saya terus mengira bangunan ini sebuah kelenteng atau vihara.

Barulah kemudian setelah diperhatikan, ada juga elemen-elemen Islami di sini, antara lain huruf bertuliskan Allah di atas 'kubah' pagoda. Sebuah bedug yang tergantung di sisi masjid, dan kaligrafi bundar berwarna emas menghias dinding di dekat pintu masuk. Dibanding tampak luarnya, bagian dalam masjid lebih bergaya Islami dengan banyaknya kaligrafi di bagian dalam kubah, maupun di dekat relung mimbar.

Masjid di kawasan Ketabang, Surabaya ini dibangun pada 2001 oleh masyarakat muslim Tionghoa Surabaya, untuk mengingat jasa besar Cheng Hoo. Dibangun sedemikian rupa dengan sisi kanan dan kiri bangunan yang terbuka membuat suasana bagian dalam masjid tidak pengap. Kaligrafi berbentuk bundar di dinding bagian depan masjid pun, selain sebagai hiasan juga berfungsi sebagai jendela dan ventilasi.



Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.