Home >>Blog >Jalan-jalan

Terry Endropoetro's avatar

Nyamannya Berlibur dari Jakarta ke Bandung Naik Kereta Api

Apabila kalian merencanakan libur akhir pekan ke Bandung, tidak ada salahnya jika menggunakan kereta api. Ini adalah salah satu moda transportasi populer dan juga praktis. Ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika bepergian menggunakan moda transportasi tersebut.

1. Dekat dengan Pusat Kota
Kalian yang saat ini tinggal di Jakarta dan ingin pergi ke Bandung, sebaiknya menggunakan kereta api. Karena stasiun kereta api Bandung yang dikenal dengan Stasiun Hall ini, letaknya di pusat kota. Artinya ada banyak sekali objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, mulai dari objek wisata sejarah, wisata kuliner, wisata keluarga, dan yang lainnya. Semuanya letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi stasiun. Selain objek wisata, ada juga berbagai macam fasilitas menarik untuk para wisatawan ketika menginap di Bandung, yang tentunya dapat dipergunakan, seperti hotel, rumah makan, dan yang lainnya.

2. Tidak Perlu Susah Payah Berkendara
Pergi menggunakan kendaraan pribadi ke Bandung, pastinya menyenangkan, karena kalian dapat keliling kota dan mengunjungi aneka objek wisata menarik, yang ada di sekitar Bandung. Tapi yang sering menjadi kendala adalah, kemacetan yang terjadi sepanjang jalur Jakarta Bandung, ketika ketika akhir pekan tiba. Kondisi seperti ini yang membuat tidak hanya pengemudi, bahkan para penumpang pun ikut merasa lelah, akibat perjalan yang panjang. Hasilnya kegiatan wisata yang seharusnya menyenangkan jadi terasa kurang nyaman, karena kelelahan. Akan lain jadinya ketika kalian memilih transportasi kereta api, kalian hanya perlu duduk manis, dan 3 jam kemudian, kalian akan sampai ke Bandung.

3. Bisa Berangkat Kapan Saja
Keuntungan lainnya, kalian bisa cek jalur Jakarta Bandung naik kereta, secara praktis. Didukung dengan beberapa layanan online seperti Traveloka, kini kaliandapat mengecek jadwal kereta api kapan saja. Tidak hanya mengecek, bahkan dapat memilih sendiri jadwal yang diinginkan. Ada sekitar 10 jadwal keberangkatan yang dapat kalian pilih dari Jakarta ke Bandung, mulai dari jam 5 pagi, hingga jam 12 malam. Demikian pula untuk jadwal keberangkatan dari Bandung ke Jakarta, terdapat 10 jadwal keberangkatan, dan jadwal keberangkatannya tidak jauh berbeda. Dari Jakarta, kereta ini berangkat dari Stasiun Gambir, lalu Stasiun Jatinegara, sebelum akhirnya ke beberapa stasiun lainnya yang ada di Jawa Barat, seperti Purwakarta, Cimahi, dan lain-lain.

4. Fasilitas Kereta yang Nyaman
Tidak hanya jalur kereta apinya saja yang beragam, jenis kereta api yang dapat digunakan juga beragam, salah satunya adalah kereta api Argo Parahyangan. Menyediakan kereta api kelas ekonomi dan eksekutif. Keduanya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat nyaman, dan pastinya sangat memanjakan para penumpangnya. Adapun fasilitas yang dimaksud, antara lain stop kontak di masing-masing kursi penumpang. Sedangkan untuk kereta kelas eksekutif sudah dilengkapi dengan lampu baca di masing-masing kursi penumpang, meja lipat, bantal, selimut, dan juga pijakan kaki. Perbedaan antara kelas eksekutif dan kelas ekonomi adalah sandaran punggung penumpang yang sudah tidak dapat diatur posisinya. Susunannya berhadapan antara bangku depan dan belakangnya.

5. Tarif Kereta Terbilang Murah
Jika dilihat dari segi harga, berangkat menggunakan kereta seperti ini terbilang sangat murah. Bayangkan saja, untuk tiket kereta kelas ekonomi AC saja, kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 80.000 per orang. Sementara untuk kelas eksekutif tarifnya hanya sedikit berbeda, antara Rp 100.000 hingga Rp 120.000 saja. Untuk tingkatan harga ini, tentunya akan disesuaikan dengan posisi tempat duduk, sub kereta, dan waktu pemesanan tiket itu sendiri. Apabila kalian pesan jauh-jauh hari. Biasanya harga tiket akan semakin murah, lain halnya jika tiket dipesan dalam waktu yang tidak terlalu lama, atau bahkan dipesan saat itu juga. Biasanya harganya sedikit lebih baik.

6. Sistem Pemesanan Tiket dan Pembayarannya Mudah dan Praktis
Keuntungan lainnya dibandingkan dahulu, kini sistem pemesanan tiket kereta api dan juga sistem pembayarannya terbilang sangat mudah dan juga praktis. Kalian dapat mengunjungi pihak KAI online secara langsung atau mengunjungi Traveloka. Aplikasi tersebut menerima sistem pembayaran yang cukup beragam, mulai dari menggunakan aplikasi pembayaran, kartu kredit, hingga transfer antar rekening. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.