Home >>Blog >Segala Rupa

Terry Endropoetro's avatar

Di Balik Logo Wonderful Indonesia

Indonesia boleh berbangga dengan adanya logo Wonderful Indonesia. Langkah ini dimulai pada 2008 dengan diluncurkannya logo berbentuk burung yang sedang membentangkan sayap. Bentuknya indah dan cukup mudah diingat. Tapi tahukah kalian bahwa dalam perjalanan waktu, logo ini sudah berubah 7 kali?

Dulu saya menebak-nebak burung apa yang dijadikan logo. Karena berwarna-warni Saya kira itu burung Cendrawasih atau kakak tua? Setelah lama diamati, ternyata bentuknya menyerupai burung Garuda dengan penampilan yang lebih fancy. Kepala menoleh ke kanan, dan tetap dengan jambulnya. Sayapnya yang terbentang lebar melambangkan keterbukaan, menyambut siapa saja.

Terlepas dari lambang negara, burung menjadi salah satu kekayaan satwa Indonesia. Indonesia merupakan negara kelima terbesar di dunia, karena memiliki lebih dari 1,500 species burung. Di daerah kepulauan, burung-burung bisa berpindah dari satu pulau ke pulau lain. Ini salah satu keindahan Nusantara.

BERGANTI 7 KALI
Logo Wonderful Indonesia kerap ditemui di banyak merchandise. Seperti topi, kaos, tas, payung, stiker, juga brosur dan buku panduan wisata. Tapi tak jarang banyak yang masih menggunakan logo lama.

Karena sebelum menjadi logo Wonderful Indonesia yang seperti sekarang. Logo mengalami perubahan berkali-kali, baik tulisan (logotype), warna pada logogram (gambar burung), dan penempatan keduanya.

Pada 2008, logogram di kiri. Logotype berbunyi Visit Indonesia 2008.
2009, logogram di kiri. Logotype berbunyi Visit Indonesia 2009.
2010, logogram di kiri. Logotype menjadi Wonderful Indonesia.
2012, logogram di kanan, sedikit ke atas disesuaikan dengan logotype Wonderful Indonesia. Di bagian bawahnya ada alamat website.
2014, logogram dan logotype sama tapi alamat website dihilangkan.
2016, logogram di kanan dan posisinya di tengah.
2017, sama dengan tahun sebelumnya. Perubahan ada pada warna yang lebih solid.

WARNA-WARNI CERIA
Dibanding sebelumnya, Logo Wonderful Indonesia yang terbaru tampak lebih solid. Menggunakan warna-warna cerah. Warna-warna ini mewakili kekayaan alam, indera, budaya, modern, dan petualangan yang menantang. Tidak banyak, hanya lima warna, yaitu:

Hijau:
Kreativitas, lingkungan yang alami, keramahan, dan penyelarasan.
Ungu:
Kreativitas, lingkungan yang alami, keramahan, dan penyelarasan.
Oranye:
Imajinasi, kepercayaan, kesatuan fisik dan mental.
Biru:
Inovasi, semangat peremajaan, dan keterbukaan.
Magenta:
Keseimbangan, akal sehat, dan kepraktisan.

Penempatan logo di atas latar belakang berwarna pun tak bisa sembarangan. Bagaimana pun logo harus lebih menonjol. Yang jelas, logo akan menonjol bila latar belakangnya berwarna terang. Logo juga bisa digunakan tetap dengan warna, juga bisa diubah menjadi hitam atau putih. Tinggal disesuaikan dengan warna latar belakangnya.

Bagimana kalau latar belakang ingin menggunakan warna gradasi? Oh, itu Ada juga pakemnya.

Gradasi tetap mengandung kelima unsur warnanya.

MENGAJAK NIKMATI INDONESIA
Logo Wonderful Indonesia mewakili kepribadian bangsa. Kepribadian yang memiliki karisma, ramah dalam kehidupan yang bersahaja, memesona, menyenangkan, ekspresif, dan luar biasa mengagumkan.

Bangsa yang sebenarnya memiliki karakteristik dalam keragaman dan budaya berbeda. Masyarakat Indonesia senang membantu orang lain, tulus, bergotong-royong sepenuh hati, dalam kehidupan mereka yang tampak santai sebenarnya masyarakat Indonesia saling memotivasi. Yang jelas semua kegembiraan dirayakan bersama. Tampil artistik karena memiliki jiwa seni.

Logo Wonderful Indonesia mewakili pariwisata Indonesia. Sejak mulai dibuat, diperkenalkan, dan berganti berkali-kali. Ditampilkan di televisi, media cetak, media online, papan reklame, Dan bermacam banner. Sebenarnya di situlah proses logo tersebut diingat.

Sekarang, melihat Si Burung Warna-warni tanpa membaca tulisannya pun kita akan berucap "Wonderful Indonesia". Logonya 'nancep' di kepala. Sekali lagi, indah dan mudah diingat. Sangat layak dimiliki negara besar yang kaya raya.

Dengan logo ini terpampang di mana-mana seakan mengajak siapa pun untuk menikmati keindahan Indonesia. Karena menjelajah Indonesia bukan hanya liburan yang menyenangkan Setiap daerah Memiliki ciri khas yang berbeda yang akan memberi.pengalaman tersendiri. Pengalaman yang akan diingat seumur hidup.

Penjelajahan Indonesia adalah penjelahan yang tak ada habisnya, yang bisa dinikmati keindahan alamnya, di kota, pedesaan, laut, danau, gunung, bahkan dari udara. Yang bisa didengar alunan merdunya, dari semua alunan musik yang berbeda. dihirup udara segar dan segala aroma khasnya, dinikmati setiap hidangan yang kaya rempah, terik matahari di pantai dan dingin suhu di gunung semuanya adalah anugrah. Kepulauan terbesar di dunia, Indonesia. █


Comments (2)

Topic:
Sort
0/5 (0)
Facebookdel.icio.usStumbleUponDiggGoogle+Twitter
Gravatar
Terry Endropoetro says...
Aamiiiin. Diiringi wisatawan lokal yang bertanggungjawab ya.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.