Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Secangkir Kopi Ginseng

Lama sekali saya memandang kotak kemasan kopi berwarna cokelat ini. Dengan warna keemasan tertulis di bagian atas, ‘Ginseng Coffee’. Di bagian bawahnya ada huruf-huruf yang disela-selanya terdapat gambar petir berwarna merah. ‘Kunyit’. Kok kunyit? Apa rasanya kopi dengan kunyit? Kopi atau ramuan jamu?

Setelah membaca kandungannya dan tertulis ekstrak ginseng di dalamnya. Barulah saya sadar, gambar menyerupai petir itu membentuk huruf A. Oooalaaah! Jadi dibacanya ‘KUATTT’!

Ginseng memang dikaitkan dengan stamina tubuh, bahkan banyak orang yang langsung mengkonotasikannya sebagai obat kuat. Ginseng berbentuk seperti wortel berwarna putih kekuningan dengan akar-akar menjulur. Jenis ginseng yang tumbuh di wilayah belahan bumi utara bternyata berbeda dengan ginseng yang tumbuh di negara beriklim tropis. Di Indonesia jenis ginsengnya adalah Ginseng Jawa (Som Jawa) dan Purwaceng.

Walaupun berbeda jenis, namun pada dasarnya akar-akar tumbuhan ini memiliki banyak khasiat yang sama. Sama-sama dikenal sebagai penambah stamina, dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan hormon luteinzing yang merangsang hormon testosterone. Intinya, akar-akaran ini merupakan afrodisiak, menambah energi, dan meningkatkan gairah seksual. Biasanya akar-akaran ini diolah dalam bentuk bubuk, dan dijadikan campuran dalam minumanan seperti kopi atau susu.

Kini untuk mendapatkan afrodisiak seperti itu tak perlu bersusah payah menumbuk akar-akaran menjadi bubuk. Bagi pecinta kopi, CNI sudah meramukannya dengan mengeluarkan produk CNI GINSENG COFFEE KUATTT. Paduan kopi jenis Arabika dan Robusta, dengan campuran herbal purwaceng, gula, dan krimmer nabati. Semuanya sudah berupa bubuk yang dikemas dalam sachet, mudah dibawa, mudah pula cara penyajiannya.

Untuk secangkir kopi, cukup dengan satu sachet (25 gram) bubuk kopi ginseng dan diseduh dengan 150 mililiter air panas. Banyak orang mengabaikan takaran air panas yang tertulis pada panduan cara penyajian. Padahal ini penting. Kalau air yang dituangkan kurang atau terlalu banyak, mungkin tak berpengaruh pada aroma, tapi jelas akan menentukan kekentalan dan cita rasa minuman itu sendiri.

Hasil seduhannya berwarna cokelat muda. Aroma kopi tercium bercampur samar-samar dengan aroma herbal. Tak terlalu suka kopi panas, saya biarkan sebentar sebelum menyeruputnya. Sedddaaap! Tidak terlalu manis, pas rasanya di lidah saya!

Dengan takaran dan komposisi yang tepat, CNI Ginseng Coffee dibuat melalui proses pengawasan ketat dengan menjaga standart mutu yang tinggi. Tapi terus terang awalnya saya sempat ragu, jangan-jangan minuman ini khusus untuk pria. Namun, karena di kemasannya tak tertulis ‘Khusus pria’, jadi pastinya aman juga bagi wanita. Lagipula CNI Ginseng Coffee sudah dipasarkan sejak 1994, kalaupun ada yang tak sesuai pastinya sudah ada yang komplain dari dulu. Dan berbicara soal kopi ginseng, tak melulu soal obat kuat herbal ya, seperti yang ditampilkan dalam iklan penambah gairah seksual di kanal youtube dan televisi.

Karena sebenarnya manfaat utama kopi sendiri sudah sangat luar biasa bagi stamina tubuh. Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam membantu tubuh membuat zat-zat berbahaya yang dapat merusak sel-sel tubuh. Kafein dalam kandungan kopi mampu menstimulasi sistem saraf pusat, sehingga mengurangi resiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Demensia. Selain itu mampu meningkatkan mood, konsentrasi tetap terjaga, serta membuat badan tidak cepat lelah, sehingga dengan mengonsumsi kopi seseorang mampu melakukan aktifitas fisik lebih lama.

Menikmati CNI Ginseng Coffee serasa menikmati kopi tubruk. Bedanya, minuman ini bisa dinikmati sampai titik penghabisan, karena tidak meninggalkan ampas tebal di bagian dalam cangkir. Kelebihan lainnya adalah mudahnya penyimpanan. Penyimpanan bubuk kopi harus sedemikian rupa, disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Karena kalau tidak, bubuk kopi akan mengeras, aroma khasnya pun menghilang. Jadi setiap selesai membuat kopi biasanya saya harus perulang kali memeriksa apakah tutup wadah kopi sudah tertutup rapat dengan benar.

Berbeda dengan CNI Ginseng Coffee yang sudah dikemas dalam sachet dengan takaran tertentu. Ada kemasan yang berisi 25 sachet, ada pula kemasan ekonomis yang berisi 5 sachet. Saat hendak diminum, tinggal buka satu sachet, tuangkan semua isinya. Kelar! Sementara sisanya masih tersimpan dengan aman, asal diletakkan di tempat yang kering.

Nah, bila semua isi sachet sudah terminum, CNI Ginseng Coffee bisa dibeli online di Gerai CNI. Semuanya jadi serba praktis, kaaan! █


Comments (2)

Topic:
Sort
0/5 (0)
Facebookdel.icio.usStumbleUponDiggGoogle+Twitter
Gravatar
Ani Berta says...
Rasa ginsengnya kuat banget ya Mba? Bikin melek hehehe
Gravatar
Himawan Sant says...
Aku pernah nyobain kopi ginseng CNI ini, rasanya memang khas banget.
Beda rasa dengan kopi ginseng lainnya.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.