Home >>Blog >Negeri Orang

Terry Endropoetro's avatar

Mendaki Via Ferrata Menuju Puncak Gunung Kinabalu, Ngeri Tapi Seru!

Pendakian Via Ferrata adalah aktivitas mendaki gunung dengan teknik yang mengandalkan tumpuan pada jajaran kabel besi yang tertanam di bebatuan solid. Kebayang dong ngerinya? Tapi nyatanya mendaki via Ferrata ini memang ngeri-ngeri seru. Sebabnya, kamu bisa menikmati setiap pemandangan alam secara perlahan sambil terus mendaki menuju puncak gunung. Nah, Via Ferrata tertinggi dunia ada di Gunung Kinabalu, Malaysia.


sumber: youtube.com (iamthanakom)

Sebelum memulai pendakian, pastinya kamu perlu menyiapkan diri dan mental. Setelah itu kamu bisa mulai memesan tiket perjalanan terbang yang aman dan nyaman bersama Firefly ke Malaysia. Setelah tiba, bersiaplah untuk melihat langsung dengan mata kepala sendiri bagaimana panorama di atas awan yang bakal bikin kamu terkagum.

Puncak Gunung Kinabalu sendiri berada di ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut. Tinggi banget? Yap, tapi percaya atau tidak, siapapun bisa mendaki menuju puncak Gunung Kinabalu, tidak terkecuali anak-anak berumur 15 tahun. Pastikan saja kamu memiliki tinggi minimal 130 cm, berada dalam kondisi yang sehat dan nggak takut dengan ketinggian. Sebelum memulai perjalanan menuju puncak Gunung Kinabalu, kamu juga akan mendapat arahan untuk menggunakan alat-alat pendakian serta rute Via Ferrata yang ada.


sumber: malaysia.my

Untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung, Via Ferrata di Kinabalu menawarkan rute pendakian dengan interval waktu selama 2 sampai 3 jam. Kalau sudah menengah, kamu akan ditawarkan untuk menikmati petualangan ngeri-ngeri seru selama 3 sampai 4 jam. Pada kelas pemula, rute Low’s Peak Circuit menawarkan indahnya pemandangan matahari terbit dari Gunung Kinabalu. Sedangkan untuk kamu yang termasuk pendaki menengah, Walk The Torq pasti bakal jadi tantangan tersendiri untuk kamu taklukan.

Benar, sebabnya Walk The Torq merupakan rute pendakian yang dilakukan di tebing tinggi dengan hembusan angin kencang. Pastikan juga kamu memakai jaket hangat serta alas kaki yang sesuai untuk mendaki Via Ferrata di Gunung Kinabalu ini. Hanya saja menikmati keindahan di atas awan nggak berhenti cuma sampai di situ saja. Karena pada ketinggian 3.289 meter, kamu bakal menemukan sebuah pondok peristirahatan bernama Pendant Hut.


sumber : amazenia28.blogspot.co.id

Dari Timpohon Gate yang menjadi titik awal pendakian, Pendant Hut bisa dicapai dalam waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 jam. Ketika mencapai pondok peristirahatan ini, kamu bakal mendapat arahan lagi mengenai pendakian Via Ferrata di Gunung Kinibalu di mana biasanya jadwal pendakian dari titik ini akan dilanjutkan pada keesokan harinya. Setelah selesai, coba arahkan pandangan mata kalian di Pendant Hut, dan usahakan abadikan semua momen seru kalian saat berada di tempat ini.

Sekali lagi, semua keseruan itu pastinya bakal terasa nikmat asal kamu berada dalam kondisi yang sehat. Karena itu, biarkan Firefly mengantarmu menuju Malaysia dan nikmati sendiri pengalaman mendaki Gunung Kinabalu via Ferrata tertinggi di dunia. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.