Home >>Blog >Segala Rupa

Terry Endropoetro's avatar

The Unbox to Discover & Disko Pagi Hari

Seberapa sering kalian pergi ke kawasan car free day (CFD) di kota kalian? Kawasan CFD itu kawasan ‘plus plus’. Karena tampaknya sebagian besar yang ke sana bukan hanya untuk olah raga, tapi untuk cuci mata, belanja-belanja, juga kulineran. Seperti saya….

Pagi itu saya memang bukan mau CFD-an. Memang pakai kaos, celana pendek, dan sepatu olahraga. Tapi bawa backpack besar. Karena memang tujuan utamanya mau keluar kota dan sedang menuju stasiun untuk naik kereta ke bandara.

Eh, kok saat hendak menuju halte bus Gelora Bung Karno, ada yang menarik perhatian. Ada sebuah kotak raksasa berwarna biru dekat Gate 6, pintu gerbang masuk ke kawasan Gelora Bung Karno. Kotak raksasa itu jelas bukan bangunan permanen, karena beberapa hari sebelumnya belum ada.

Di salah satu sisi kotak raksasa itu terpapmang angka untuk hitung mundur 60:00 minutes until your next discovery. Di atasnya ada tulisan #unboxtodiscover. Di sisi lain ada beberapa lubang untuk mengintip ke dalam. Karena penasaran, saya intip satu per satu dari lubang itu. Beberapa di antaranya gelap, seperti masih ditutup dari bagian dalam. Dari salah satu lubang tampak sebuah panggung dengan peralatan musik. Waaah, ada apa sih?

Saya bertanya pada salah beberapa orang yang berkerumum di dekat situ. Mereka bilang kalau penasaran apa yang ada di dalamnya, harus melakukan scan QRCode terlebih dahulu. Mereka menunjuk sebuah kotak kecil berwarna biru. Mudah ditemui karena ada tulisan ‘ready to discover?’

Saya lihat jam, ah masih sempat, jadwal pesawat saya jam 12.30 kok. Masih sempatlah untuk menuntaskan rasa penasaran. Pergilah saya menghampiri mbak-mbak yang berdiri dekat kotak biru. Mereka memang bertugas untuk membantu pengunjung yang ingin melakukan scan barcode. Tidak sulit kok, yang penting siapkan ponsel. Scan QRCode yang sudah disiapkan di layar. Nanti akan ada konfirmasi yang bisa langsung screenshot. Berbekal screenshot, saya pun kembali untuk mengantre.

Tepat menjelang jam 07.00, semua orang yang mengantre mulai menghitung mundur, “Sepuluh… Sembilan… depalan… …… empat… tiga… dua… satuuu!” Pintu pun dibuka. Tadaaa….

Ternyata ruangannya kosong. Tidak terlalu luas, mungkin karena hampir setengahnya dipakai untuk panggung musik dan peralatan sound system. Tak lebih dari 30 orang yang masuk. Setelah itu, pintu kembali ditutup. Semua ‘terperangkap’ di dalamnya. Di ruangan kecil yang dinginnya minta ampun.

Mendadak semua lampu dinyalakan. Terang benderang! Di layar terbentang tulisan Traveloka. Ooo… gitu. Saya beberapa kali melakukan pemesanan tiket pesawat melalui Traveloka. Jadi baru tahu bahwa ternyata di aplikasi baru Traveloka, selain tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel juga banyak tujuan wisata yang direkomendasikan oleh Traveloka.

Ayo yang belum, coba unduh aplikasi Traveloka. Selain yang sudah disebut di atas, ada yang baru dan seru. Di Traveloka Xperience, kita bisa dapat info sekaligus bikin janji di salon dan spa. Ada juga atraksi wisata, event budaya, olahraga, pameran, pegelaran musik, workshop, dan hiburan. Di Traveloka Eats, ada pilihan explore atau special offers. Klik yang explore, langsung ada pilihan what’s nearby, dining out, sweet treats, atau pocket friendly. Hihihi… saya langsung coba pilih yang terakhir dong. Kerennya, kalau kalian aktifkan lokasi, maka otomatis aka nada penawaran tempat-tempat makan di sekitarmu. Nama kedai, lokasi, sampai harga. Jadi tak repot lagi kan mau makan apa kalau lapar. Ih, pokoknya seru deh!

Acara #unboxtodiscover di wal September 2019 lalu ternyata merupakan pelaksanaan kedua. Yang pertama, dilakukan pada pertengahan Agustus 2019. Sama seperti sebelumnya, peserta diajak olahraga pagi. Suasana langsung meriah ketika Ken hadir. Instruktur aerobik ini mulai mengambil kendali, membuat riuh suasana dengan mengajak semua peserta ‘yang terjebak’ di dalam ruangan untuk melakukan aerobik. Tidak bisa tidak, semua harus ikut.

Gerakannya tidak sulit, walaupun kadang ‘amburadul’ karena kemampuan gerak tubuh setiap orang berbeda-beda. Disuruh melangkah ke kanan, malah ke kiri. Disuruh lompat, sudah keberatan badan. Disuruh berpasangan malah bingung sama siapa, padahal ada teman di sebelahnya. Hahahaha…

Semua diajak berdansa salsa dengan iringan lagu-lagu berirama latin dari Gloria Esteffan, Ricky Martin, sampai soundtracknya Rosalinda, telenovela yang masyur di era 90-an. Aerobik dengan diiringi lagu-lagu tahun 90-an seperti Backstreet Boys dan Michael Jackson. Sebagai anak ‘yang gembira’ dengan lagu-lagu 90-an itu selalu bikin rindu. Iramanya mengentak, bikin semangat. Bukannya sekadar dentuman ajeb-ajeb yang berulang. Dulu menjadi lagu wajib dan selalu diputar meramaikan lantai disko. Hahahaha… iya, disko namanya dulu!

Acara #unboxtodiscover ini tidak sepanjang hari, hanya dimulai jam 07.00 – 11.00, tapi setelah satu jam sesi aerobik usai, para peserta diperbolehkan keluar. Kalau mau ikut sesi berikutnya juga boleh, tinggal antre lagi untuk melihat penampilan dari group-group band terkenal. Tapi saya kan tak bisa lanjut, karena harus pergi ke bandara. Kalau ketinggalan pesawat kan nggak lucu, tiketnya hangus. Memang tiketnya bisa dibeli lagi dengan mudah lewat Traveloka, tapi kan artinya saya harus keluar uang lagi. Nah, itu yang saya tidak mau. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.