Home >>Blog >Segala Rupa

Terry Endropoetro's avatar

Rancang Pernikahan jadi Mudah

Siapa yang tak gembira hendak melangsungkan pernikahan? Semua pasti gembira. Tapi, siapa yang tidak stress mempersiapkannya? Baca terus sampai akhir ya, dijamin stress-nya bakal berkurang.

Sebagai menantu dari almarhumah Tien Santoso, salah satu perias penganting kondang dari Yogyakarta, Levy Santoso mengamati bagaimana keluarga dan calon pengantin (piha perempuan biasanya) bingung menjelang pernikahan. Bila pernikahan dilangsungkan berupa akad nikah di depan penghulu di Kantor Urusan Agama atau Catatan Sipil, biasanya sedikit lebih sederhana.

Tapi bila ada resepsi, sudah jelas memerlukan persiapan panjang. Biasanya stress sudah dimulai saat tanggal pernikahan ditentukan. Disusul pula harus mencari tempat resepsi, baju pengantin dan penata rias, pelaminan, katering, souvenir, belum lagi daftar tamu undangan.

Dibantu Aryo, Levy membuat aplikasi Mantenan sebagai salah satu solusi ‘pengurai stress’ menjelang acara pernikahan. Aplikasi bisa diunduh gratis melalui Play Store dan Apple Store ini membantu memudahkan calon pengantin mencari tempat resepi, penata rias dan baju pengantin, pelaminan dan dekorasi, perhiasan, seserahan, souvenir, wedding organizer, hiburan dan MC, sampai tujuan bulan madu.

Di dalam aplikasi tertera vendor-vendor yang dipromosikan dan direkomendasikan oleh Mantenan. Tapi bagaimana pun mantenan.com ini adalah aplikasi, jadi siapa pun vendor yang dipilih oleh calon pengantin, sebaiknya kedua pelah pihak saling bertemu muka. Suapaya ke depannya perencanaan berjalan lancar hingga Hari H.

Yang membuat saya kagum, adalah ketika meng-klik fitur ‘My Wedding Plan’, akan langsung tampil beberapa daftar. Antara lain:
1. Calon Manten
Ini adalah data yang harus diisi. Yaitu nama calon pengantin pria dan wanita, tanggal pernikahan, anggaran, dan tema pernikahan (tradisional atau moderen). Jadi yakin siapa akan menikah dengan siapa ha... ha... ha... ha... ha….
2. Checklist
Di sini, tinggal memilih lokasi, dan vendor apa saja yang akan dipakai. Karena semua data vendor dilengkapi dengan harga, semuanya langsung terangkum pada total biaya.

3. Tamu
Siapa tamu yang akan diundang dari kedua belah pihak? Tinggal pilih, keluarga dekat, kerabat keluarga, sahabat, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, iiiih banyak ternyata yaaa….

4. Reminder
Akan ada pengingat untuk mengurus hal-hal menjelang pernikahan sampai H-1 pernikahan. Apakah sudah saatnya pembayaran uang muka, melakukan fitting baju pengantin, memeriksa kembali daftar undangan, dan lain sebagainya.
5. Memo
Untuk mencatat apa saja yang dibutuhkan atau mendapat info-info baru.
6. Resume
Merupakan rangkuman rencana persiapan pernikahan.

Salah satu vendor yang bekerja sama dengan mantenan.com adalah Hotel Grandwhiz Poinsquare, Jakarta Selatan. Hotel ini malah langsung menyediakan Paket Spesial Mantenan. Sudah termasuk penata rias, bunga dan paket dekorasi, catering, dekorasi, live music dan entertainment. Mulai harga total Rp99 juta – Rp183 juta untuk 200 – 400 tamu undangan.

Lokasi yang ditawarkan pun bisa dipilih, di ballroom atau di area terbuka dekat kolam renang. Wah, tampaknya pilihan kedua lebih asik! Acara dilaksanakan pada sore hari, dan pada malam hari suasana menjadi meriah dengan hiasan lampion.

Mengapa Hotel Grandwhiz Poinsquare menjadi pilihan? Walaupun berada di ujung Jakarta Selatan, namun lokasi hotel ini sangat strategis. Dekat dengan Stasiun MRT Lebak Bulus, halte bus TransJakarta, dan gerbang tol JORR (Jakarta Outer Ring Road). Hotel ini juga memiliki tiga basement untuk lahan parkir, yang mampu menampung 7.000 kendaran.

Dan salah satu keuntungan mengadakan acara pernikahan di hotel, adalah sudah tidak pusing lagi, di mana keluarga dari luar kota harus menginap. Hotel GrandWhiz Poinsquare memiliki 159 kamar dengan kategori superior, deluxe, dan premier. Tidak repot lagi memikirkan transport ke lokasi acara. Tinggal pencet tombol lift!

Oh ya, jangan salah! Aplikasi Mantenan ini pun tak hanya berlaku untuk perencanaan pernikahan, tapi bisa membantu merancang acara ulang tahun, reuni, sunatan, atau gathering kantor. Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan. Dengan aplikasi Mantenan, tak perlu lagi menghabiskan berlembar-lembar kertas untuk mencatat, atau sibuk tekan-tekan kalkulator. Acara apa pun yang berkaitan dengan keriaan dan tamu undangan, bisa direncanakan dan dibereskan dalam genggaman. █

@MANTENAN.APP
Telepon: 021 835 2627, 0818 0808 1938
E-mail: admin@manteman.co.id


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.