Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Pempek Enak di Glodok

Kawasan pecinan Glodok terkenal dengan ragam kulinernya. Kuliner non halal banyak, tapi yang halal juga ada. Pempek bisa dijadikan salah satu pilihan. Apalagi (setahu saya) kedai pempek ini satu-satunya yang terlama di kawasan Glodok.

Pempek Eirin 10 Ulu. Satu-satunya kedai pempek di kawasan Glodok, Pancoran, Jakarta Utara ini sudah mulai dikenal sejak awal 2000-an. Letaknya tak jauh dari pertigaan Jl. Pintu Kecil dan Jl. Toko Tiga, dekat jembatan Kali Krukut.

Berada di kiri jalan. Trotoar di depan kedai dipenuhi pedagang kaki lima yang menjual buku bekas. Tapi tak mungkin keliru masuk kedai. Karena spanduknya membentang di atas bagian depan kedai. Langsung tampak pula sebuah etalasie bertuliskan Tekwan & Model. Dijamin ketemu!

Kedai berupa ruangan memanjang. Bagian depan merupakan area goreng-menggoreng dan menyiapkan pesanan pengunjung. Lebih masuk ke dalam, berjajar meja-meja panjang. Di dinding bergelantungan berbungkus-bungkus kerupuk kemplang. Kedai ini dirancang tanpa AC, tapi tetap sejuk karena dipasangi kipas angin.

Dalam daftar menu, tersedia semua jenis pempek. Pepek adaan, pempek lenjer, pempek telok, pempek kapal selam, pempek keriting dan pistel yang nikmat tanpa digoreng, pempek kulit, pempek lenggang yang bisa dipilih goreng atau panggang, dan pempek tunu yang dipanggang dengan isian ebi. Selain pempek, ada makanan khas Palembang lainnya. Seperti rujak mie, tekwan, model, dan otak-otak.

Kecuali pepek lenggang, pempek lain disajikan di piring sudah dengan taburan ebi, irisan, timun, dan cuka. Saat hendak menyantap, jangan lupa menambahkan sambel ijo (sambal rawit hijau) sesuai tingkat kepedasan yang disuka.

Untuk minuman, jagoannya adalah Es Kacang Merah. Karena saat saya ke sana sudah terlalu sore Es Kacang Merahnya sudah habis. Jadi tak ada fotonya. Tapi kalau kalian ke sini, jangan lupa pesan ya! Enaaak!

Ini bukan restoran berbintang. Jadi jangan bayangkan suasana tenang dan bisa duduk sambil ngobrol berlama-lama. Pengunjung yang datang seakan tak ada habisnya. Selain itu, pedagang lain bebas masuk dan berdagang di sana. Mulai dari pengamen, tukang kacang, sampai Barongsai pun ada.

Bagaimana ke sana?
Bila membawa kendaraan pribadi, bisa diparkir di Pasar Pagi ASEMKA (90 meter).
Bisa dengan menggunakan kendaraan umum:
- Bus TransJakarta, turun di halte Glodok atau Kota (600 meter).
- Kereta commuter line, turun di Stasiun Jakarta Kota (700 meter).
- Dari halte atau stasiun bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek sepeda.
- Mikrolet M10 jurusan Tanah Abang – Jembatan Lima, turun persis di jembatan di Jl. Pintu Kecil. █

PEMPEK EIRIN 10 ULU
Jalan Pintu Kecil No.3 (Toko Tiga), seberang pasar ASEMKA,
Glodok, Pancoran, Jakarta Utara
Telepon: 0813 8260 7083
Jam buka: 10.00 – 18.00 wib
Harga: (makanan) Rp5.000 – Rp40.000
(minuman) Rp3.000 – Rp20.000


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.