Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Nasi Rempah & Sambal di Fave Hotel Puri

Buka Puasa di Fave Hotel Puri Tak bisa menolak, ketika seorang teman mengundang saya untuk berbuka puasa. Siapa yang mengundang, dialah yang menentukan tempatnya. Tapi kadang tempat yang dipilih bikin mata saya kunang-kunang saking jauhnya.

Ketika teman saya menyebutkan lokasi berbuka puasa adalah Fave Hotel Puri, barulah saya bisa bernafas lega. Walaupun belum pernah ke hotel ini dan baru dua kali ke kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, tapi hotel ini cukup mudah ditemukan. Ketika namanya di google langsung muncul. Mengapa memilih berbuka puasa di hotel ini?
“Supaya kamu nggak nyasar-nyasar. Lagi pula banyak pilihan makanannya. Nikmat di lidah dan bikin kenyang perut,” jawab teman saya.

Tempat berbuka puasa adalah Candi Restoran. Letaknya di lantai dua. Bisa dicapai menggunakan lift, tapi saya memilih menaiki tangga melengkung yang berlapis karpet. Suasana restoran yang nyaman dan cukup luas. Benderang karena salah satu sisinya adalah kaca dengan teras terbuka. Untuk memilih tempat makan, ada meja dan jajaran kursi-kursi berupa meja panjang dan jajaran kursi, beberapa sofa-sofa empuk. Selain di dalam, bisa juga menikmati makanan di luar ruangan, menikmati suasana sore hari.

Beragam makanan sudah dihidangkan. Ditata rapi di meja dengan rak-rak bertingkat. Sambil menunggu berbuka puasa, saya mulai melihat-lihat makanan apa saja yang bisa saya cicipi nanti.

KUE BOLU IDAMAN HATI
Mata saya langsung disambut jajaran cake warna-warni. Bagi saya kue bolu selalu menarik untuk dicoba. ketika melihat kue-kue Setiap Bolu gulung dengan hiasan gula dan cokelatan, ada juga cake manis dengan lapisan krim, kue sus, dan pai buah. Di meja lain disusun jeli warna-warni dalam wada-wadah bening berbentuk persegi tak beraturan.

GORENGAN TETAP JADI PILIHAN
Dalam wadah-wadah anyaman, berlapis daun pisang, ada lumpia, pisang goreng, pisang cokelat, pisang tempe mendoan, dan tahu isi goreng tepung. Tidak bisa dipungkiri ya, walaupun buah kurma dianjurkan untuk berbuka, tapi aneka jajanan gorengan pun tetap disuka.

Setelah buka puasa, saya mencicipi lumpia isi sayur. Hmmm! Kulitnya renyah, isiannya gurih. Tempe mendoan walaupun tak menggunakan tempe mendoan yang sesungguhnya, tapi adonan tepunya komplit dengan irisan daun bawang. Di Candi Restoran, pisang cokelat ditata apik dalam gelas es krim, jadi tergoda untuk mencoba.

MINUMAN SERBA MANIS
Berbukalah dengan yang manis. Ada sirup melon dengan potongan melon dan selasih. Sirup coco pandan dengan potongan timun suri juga sangat segar. Aneka bubur juga tersedia. Dan yang wajib dicoba juga Mendampingi kolak pisang dengan campuran labu kuning dan kolang-kaling, pisangnya lembut dan manis. Jangan khawatir, minuman hangat, seperti teh, kopi, dan minuman segar seperti . infuse water dan aneka jus pun tersedia.

DIJAMIN BIKIN KENYANG
Setelah berbuka puasa, pengunjung bisa melakukan sholat Maghrob terlebih dahulu. Musholla terletak di lantai yang sama, cukup besar, bersih, dan nyaman. Tersedia juga sarung dan mukena yang bisa dipakai. Sesudah sholat Maghrib, hidangan yang lebih berat sudah menanti. Dari jajaran makan yang tersedia, saya mencicipi nasi goreng teri dan tongseng ayam. Juga ada soto Medan, yang tampilan dan rasanya mirip soto Betawi, namun rasa rempahnya sedikit lebih kuat.

Di sini, penyuka pedas pasti berbahagia, karena tersedia lima macam sambal. Sambal ijo, sambal mangga, sambal matah. Sambal kecap, dan sambal terasi. Tinggal pilih mau sambal yang mana.

Benar kata teman saya, menu yang dihidangkan di Fave Hotel Puri memiliki banyak pilihan. Tapi kalau untuk berbuka puasa, jangan lupa diri dan semua ingin dimakan. Tetap pilih yang paling diinginkan, ambil dalam porsi kecil, dan habiskan. Kalau masih mau, tinggal ambil lagi. Jangan lapar mata, tapi perut tak kuat menerima. Ini hal kecil yang bisa dilakukan agar ibadah puasa ini bermakna. █

FAVE HOTEL PURI
Jl. Kembangan Abadi Utama Blok 1 No.1
Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11610
Telepon: 021 580 7711
Harga paket buka puasa: Rp126.000 per orang


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.