Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Mashup World, Cobain Dunia Baru NESCAFEÉ

Kalau kalian dalam minggu ini melewati kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sempatkan mampir ke halaman parkir gedung Sarinah. Temukan NESCAFÉ MASHUP WORLD! Masuknya cuma-cuma, tapi keseruan yang kamu dapatkan luar biasa.

Kalian akan menemukan bangunan semi permanen yang bagian luarnya bernuansa, biru, kuning, dan hijau. Dari jauh kalian akan lihat gambar kemasan bertuliskan NESCAFÉ segede hohah! Jadi tak mungkin kalian keliru atau tersesat.

Kali ini NESCAFÉ mengajak para seniman berkolaborasi di NESCAFÉ MASHUP WORLD. Dalam bangunan seluas 200 meter persegi ini, ditampilkan karya-karya Naufal Abshar (perupa) X Skimmy Indonesia24 (content creator), dan Kalulla (penyanyi) X Ardy Arsyudio (animator). Namanya juga mashup, karya-karya yang ditampilkan dalam bentuk instalasi, 2D, 3D, multimedia dan animasi, suara, lagu, juga efek khusus. Pastinya inspiratif dan nggak sabar kan jadinya….

Eiiits! Tapi untuk masuk, semua harus antre. Pintu akan dibuka dan ditutup kembali setelah sekitar 20 orang masuk ke dalam. Diatur demikian agar setiap pengunjung bisa menikmati keseruan di dalamnya.

Saat mengantre, petugas akan memberitahu apa yang tidak boleh dilakukan di dalam area NESCAFÉ MASHUP WORLD. Antara lain:
- Tidak boleh makan, minum, dan merokok di dalam area pameran.
- Tidak boleh membuang sampah.
- Hindari kehebohan berlebihan, lompat-lompat, berteriak-teriak, apalagi menangis histeris.
- Jangan merusak karya seni.

Jika giliran kalian tiba, jangan bingung kalau petugas bertanya, “Are you Cool or Lively?”. Karena kalian harus memilih salah satu dari dua pintu yang ada, untuk dimasuki. Kalau kamu COOL, akan memasuki pintu berwarna biru, kalau LIVELY pintu warna hijau yang terbuka.

Kemarin saya pilih COOL, karena udara Jakarta siang itu sedang panas terik luar biasa. Petugas lalu mengingatkan saya, “Ada satu yang wajib kamu lakukan di dalam. Bersenang-senanglah!” Dan pintu kaca di depan saya bergeser terbuka.

NESCAFE BEACH
Mata saya langsung berbinar-binar. Karena melihat ‘pantai’ lengkap dengan kursi lipat dan pohon kelapa. Semuanya bernuansa biru, sesuai warna baju yang saya pakai.

KOPI X COCONUT
Instalasi 3 dimensi ini memajang biji kopi dan belahan buah kelapa yang disusun di dinding.

MASHUP MOTION
Di satu sudut ruangan, ada animasi yang penuh dengan warna-warni. Dalam waktu 30 menit, animasi berulang. Jadi kita bisa metonton berkali-kali, dan bolak-balik foto lagi, foto lagi.

TRANSITION WORLD
Kalian akan masuk ke dalam sebuah ruang gelap. Cahaya hanya berasal dari lampu yang berada di dalam tabung. Tabung yang berlubang-lubang membentuk huruf, kata, dan ornament ini terus berputar. Memantulkan bayangan ke seluruh dinding ruangan. Ini mengingatkan saya pada zaman disko-diskoan Ha… ha… ha… ha…. ha….

YUZU DUNK
Keluar dari kegelapan, kalian akan kembali melihat warna-warni. Kali ini instalasinya berbentuk ‘lapangan basket’. Ada 5 ring basket yang diberi lampu. Disusun sedemikian rupa. Terserah imajinasi kalian untuk berfoto di sana.

KOPI X YUZU
Kalian akan menemukan biji kopi dan jeruk Yuzu berbagai ukuran bergelantungan. Hati-hati saat berfoto atau melintas, agar tidak merusak instalasi yang didominasi warna cokelat dan kuning ini.

SILENT DISCO
"Aaaaaah, ini gue banget!"
Lantai diskonya warna-warni. Untuk berfoto disediakan juga kacamata yang bisa menyala. Musik disko-nya ada, tapi hanya bisa didengar bila menggunakan headseat yang disediakan. Makanya gaya saya harus 'cool' saat difoto. Kan namanya 'Silent Disco', jadi jogetnya diam-diam dan hanya saya yang tahu lagunya.

MASHUP ROOM
Tantangan buat para gamers, ketangkasan kalian diuji dalam waktu 15 detik. Siapkan kelincahan jari kalian!

SENSASI KOPI X BUAH
Setelah keluar dari area instalasi, jangan lupa mampir ke vending machine. Kalian bisa pilih minuman dari NESCAFÉ dengan sensani baru, yaitu COOL COCONUT dan LIVELY YUZU. Karena satu pengunjung hanya boleh memilih satu jenis, jadi bingunglah saya mau pilih yang mana.

Karena waktu masuk sudah memilih COOL, jadi sekarang saya pilih LIVELY. Jangan diketawain ya, saya sempat bertanya Yuzu itu apa? Ternyata Yuzu adalah sejenis jeruk turunan jeruk Mandarin dan Citrus. Jenis jeruk ini biasa ditemukan Asia Timur, di Tibet, daratan tengah Tiongkok, Korea, dan Jepang. Ha.. ha... ha... ha... Bodohnya saya! Padahal dari sebelum masuk NESCAFÉ MASHUP WORLD, sudah ada gambar jeruk di mana. Hadeuuuuh!

Nah, apa rasa3nya kopi dengan campuran Yuzu? Jangan dibayangin! Cobaiiiin! █

NESCAFE MASHUP WORLD
Sarinah - Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat
(Halaman parkir Barat gedung Sarinah)
Hanya seminggu!
1 – 7 Maret 2019
Jam Buka:
11.00 – 22.00 wib (Senin – Sabtu)
08.00 – 22.00 wib (Minggu)


Comments (1)

Topic:
Sort
0/5 (0)
Facebookdel.icio.usStumbleUponDiggGoogle+Twitter
Gravatar
Reh Atemalem says...
Ulang lagi sebelum tutup?
Akur?

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.