Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Makan Rame-rame di Gerobak Betawi

Bingung juga, namanya Gerobak Betawi. Tapi ternyata tak hanya menghidangkan makanan khas Betawi. Ada sekitar 90-an pilihan makanan lainnya, mulai nasi, mi, hidangan berkuah, bubur, iga, ikan, ayam, ikan, cumi, tumisan, dan semuanya berbumbu juga bercita rasa khas Nusantara.

Gerobak Betawi buka pertama kali pada 2009 di Taman Ratu, Jakarta Barat. Lalu membuka cabang di Pantai Indah Kapuk. Dan di Sunter inilah cabang terbarunya. Di salah satu ruko, Gerobak Betawi memiliki dua ruangan makan. Satu di bagian depan yang semi terbuka dan satu lagi di ruang dalam yang dingin dengan penyejuk udara. Interiornya modern dengan tetap mempertahankan ornamen khas Betawi, seperti lampu gantung berukir, meja-kursi kayu, dan daun jendela yang dominasi warna hijau jadi pembatas antara ruang makan dan dapur. Terdengar dari pengeras suara, lagu-lagu Benyamin Sueb yang bernada riang, membuat saya ikut bernyanyi.

Saya pikir hanya saya yang lama membolak-balik daftar menu yang penuh dengan foto-foto hidangan unggulan. Bingung memilih apa yang mau dipesan. Ternyata Reza, Meita, Onal, Gabriella, dan Michelle, juga begitu. Kecuali Camillia dan Bram, mereka yang datang belakangan pasrah saja dengan apa yang sudah kami pesan.

SERBA CINCAU ITEM

Tanpa sengaja saya dan Reza memesan dua minuman yang sama-sama berisi cincau hitam. Es Gerobak dan Es Cincau Hitam. Es Gerobak isiannya cincau hitam, ketan hitam, dan nangka. Cita rasa manisnya berasal dari gula merah. Sementara Es Cincau Item hanya berisi cincau dengan tambahan sirop merah. Kalau tak berkenan dengan dua pilihan ini, silakan mencari di antara 30 macam minuman lainnya. Mau minuman dingin, hangat, atau panas sekalian? Semua ada.

NASI KUCING AYAM

Nasi kucing dikenal karena porsinya yang minim, mungkin hanya dua kepalan tangan. Dalam bungkusan daun pisang ini selain nasi putih, ada suwiran daging ayam, sambal matah, dan daun kemangi. Buat penggemar petai bisa memilih Nasi Kucing Peda, Nasi Kucing Teri, Nasi Kucing Gabus, Nasi Kucing Kerang, atau Nasi Kucing Cumi Asin. Masing-masing disertai sambal yang berbeda-beda. Sambal matah, sambal ijo, sambal terasi, dan sambal ijo, disesuaikan dengan lauk masing-masing menu.

NASI JERUK GEROBAK

Kalau mau hidangan nasi dengan porsi serius bisa pilih yang ini. Nasi yang dicampur dengan irisan tipis daun jeruk ini beraroma segar. Dibentuk serupa tumpeng. Lauk pendamping disusun di sekelilingnya. Ada ayam bakar, cumi asin sambal ijo, emping, lalapan, dan sambal matah. Ada satu lauk yang saya coba tebak, ternyata kulit ayam yang digoreng garing dengan bumbu manis. Paduan manis, pedas, dan gurihnya jadi seru dinikmati.

ASINAN BETAWI

Dihidangkan dengan kerupuk kuning berbentuk cembung setengah lingkaran diletakkan menutupi sayuran. Ini yang saya suka, porsi kerupuknya lebih besar (banyak) daripada sayurannya ha.... ha.... ha.... ha.... Sayangnya bumbu kacang pedas-pedas kecut (yang saya pesan terpisah) kurang banyak. Tapi tentunya boleh saja, kalau meminta tambahan bumbu.

IKAN GURAME KREMES

Ternyata, saking asiknya cicip ini-itu, saya sampai lupa memotret ikan garing ini. Jadilah meminjam foto hasil jepretan Onal #makanserius. Menu pesanan Reza ini jelas harus dimakan dengan nasi plus sambal terasi, petai goreng, dan tahu tempe goreng. Sedapnyaaa! Sayangnya, kami lupa memesan sayur asem. Padahal kan mereka 'satu keluarga' yang seharusnya disantap bersama.

SOTO BETAWI OSENG

Ini salah satu menu andalan Gerobak Betawi. Potongan daging sapi yang bagian luarnya tampak keras ternyata mudah digigit dan bumbunya terasa saat dikunyah. Disajikan dengan kentang goreng, emping, potongan tomat, dan acar sebagai pelengkap. Kuah soto yang berwarna kuning kemerahan ini bercita rasa gurih dan tak pelit santan. Lebih sedap lagi bila disantap dengan nasi putih yang dicampur ke dalam mangkuk kuah.

GADO-GADO

Dari rumah saya sudah bercita-cita memesan gado-gado. Menurut pengalaman saya, isian gado-gado nyaris sama. Enak atau tidaknya tergantung pada bumbu kacangnya. Melihat gado-gado dihidangkan saya sudah takjub. Irisan sayuran, potongan tahu, tempe, kentang, dan serutan jagung tak tampak, karena tertutup dengan bumbu kacang. Dan ternyata, tak hanya menggunakan kacang tanah biasa, tapi kacang mete yang membuat bumbu terasa lebih kental dan lekat. Porsinya pun cukup besar sesuai dengan perut saya. Seakan tak mau rugi, dengan menggunakan kerupuk, saya dan Onal 'membersihkan' sisa-sisa bumbu di piring. Bersih! Tandas! Dari semua hidangan yang saya cicipi di Gerobak Betawi, bagi saya ini juaranyaaaa! █

GEROBAK BETAWI SUNTER
Ruko Sunter Paradise
Jl. Danau Sunter Utara R No.51, Jakarta Utara
Telepon: ?(021) 640 2220
GEROBAK BETAWI TAMAN RATU
Jl. Taman Ratu Indah Blok BB1 No.1D-E Jakarta Barat
Telepon: (021) 5698 0648, (021) 5698 0647
GEROBAK BETAWI PIK
Ruko Cordoba Blok F No.15, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Telepon: (021) 5698 3536, (021) 2967 9888
Jam buka: 07.30 ‐ 22.00 wib (setiap hari)
Harga:
Makanan: Rp4.000 ‐ Rp60.000
Minuman: Rp6.000 ‐ Rp21.000


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: