Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Ngopi di Melly's Garden

Kalau kebetulan terjebak macet di pusat Jakarta atau sengaja mencari suasana nyaman buat ngopi-ngopi, tempat ini bisa jadi pilihan. Karena buka dari pagi hingga dini hari.

Melly's Garden menjadi unik karena memiliki halaman terbuka dengan nuansa Bali. Berlokasi di Jl.Kebon Sirih, bersisian dengan jalan Jl.Jaksa, tempat menginap wisatawan manca negara, membuat Melly's Garden lebih dikenal sebagai pub dan tempat makan yang ramai menjelang malam hingga dini hari.

Karena sejak dibuka pada 2009 Melly's Garden memang menyajikan minuman beralkohol, maka pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang sudah berusia 21 ke atas. Selain itu, di pintu masuk berbentuk gapura sudah ada larangan membawa senjata tajam, penggunaan narkoba dan sejenisnya, dan masih banyak larangan lain. Termasuk imbauan bagi pengunjung yang mabuk. Disarankan mabuk 'dengan sopan' agar tak mengganggu pengunjung lain. Mengingat bahwa tak semua pengunjung mengonsumsi minuman beralkohol, masih di lokasi yang sama, awal tahun ini Melly's Garden membuka warung kopi.

Ketika berkunjung ke sana, awalnya saya memilih duduk di teras. Sambil mengantarkan buku menu, seorang pramusaji menyodorkan lotion anti serangga. Ini bukan untuk oplosan lho ya, tapi memang untuk berjaga-jaga karena duduk di ruangan terbuka.

Lalu saya pindah ke dalam. Sebuah ruangan memanjang, dengan deretan meja kayu dan bangku-bangku besi. Cahaya terang berasal dari jendela dan lampu-lampu yang digantung berjajar. Di coffee bar ada stoples-stoples berisi biji kopi. Setiap stoples diberi nama sesuai jenis dan daerah biji kopi berasal. Java Preanger Gunung Tilu, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Toraja Kalosi, Sumatera Arabica Gayo, Aceh Gayo, Brastagi Karo, Tanah Karo Marinate, Arabica Sumatera Sumatera Pea Berry, Arabica Sumatera Blue Batak, dan Arabica Sumatera Honey. Asik melihat-lihat tanpa sengaja saya memindahkan beberapa stoples. Padahal ternyata sudah disusun dengan urutan tertentu. Waaah!

Selain kopi yang disajikan ala barat, temtunya ada kopi dengan sajian Indonesia. Kopi tubruk, kopi jahe, kopi dengan kapulaga atau taburan kayumanis. Saya juga tergoda mencicipi potongan bolu kampung yang lembut. Dibanding bolu cokelat dan blueberry, ternyata rasa bolu keju pilihan saya yang paling juara.

Kalau hanya ingin ngopi-ngopi bisa pilih makanan ringan seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, ketan durian, pancake, brownies, dan pie. Bukan penyuka kopi? Anda bisa memesan teh, cokelat, soft drink, dan jus. Ada juga bajigur, wedang jahe, dan bir pletok. Seru, kan!

Karena buka pagi sekali, menu sarapan juga ada. Berupa roti, telur, sereal, dan oatmeals. Kalau dirasa kurang berat bisa pilih mi instan, bakso, aneka nasi dan mi goreng, burger, atau hotgog.

Yang rencananya cuma ngopi-ngopi akhirnya malah kembali melihat-lihat daftar menu. Pilihan makanan beratnya banyak. Mulai tom yam, roti jala, nasi bebek, ayam panggang, nasi goreng buntut, nasi buntut lada hitam, atau nasi buntut kecap. Nah, ini enaknya makan siang bersama teman jadi bisa saling mencicip.

Tak masalah kalau pesanan makanan tidak segera tersaji, karena dengan begitu kami bisa duduk santai berlama-lama sambil memposting foto-foto suasana warung kopi dari akun media sosial. Eh, kalau di-mention ke akun media sosial Melly' Garden dengan hashtag #WarungKopiMellysGarden bisa gratis dessert. Lumayan, lho....

Ketika chicken cordon blue pesanan saya datang, ternyata porsinya lumayan banyak. Sayangnya, jagung dan campuran sayur lainnya tak mampu saya habiskan karena rasanya asiiiiiiiiiiin sampai ke ubun-ubun. Tak masalah, masih ada berisi kentang, sosis, dan nugget di piring teman sebelah saya. Ha... ha... ha... ha....

Sop buntut goreng dan sop buntut goreng sama-sama disajikan dengan nasi, kuah kaldu yang hangat, dan emping. Dibanding yang digoreng, tekstur daging buntut rebus lebih lembut dan musah diiris. Cocok untuk orang yang ingin makan tapi malas mengunyah.

Jello mocktail yang dipesan boleh memilih salah satu dari dua saus yang tersedia. Cokelat atau vanila. Saat ditelan hangat rum yang dicampur dalam saus langsung terasa di tenggorokan. Untuk 'menetralisir' tenggorokan, saya memesan susu segar dengan sirup cokelat yang disajikan dengan es krim vanila. Sedaaap!

WARUNG KOPI MELLY'S GARDEN
Jl. Kebon Sirih Timur Dalam no.37-39
Menteng, Jakarta Pusat
Telepon: 021-31925138
Jam buka: 06.00 ‐ 03.00
Harga:
Minuman: Rp19.000 ‐ Rp35.000
Makanan: Rp5.000 ‐ Rp75.000


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: