Home >>Blog >Icip-icip Kuliner

Terry Endropoetro's avatar

Nikmati Seafood di Jakarta Selatan

Tak perlu lagi jauh-jauh bermacet-macetan ke Jakarta Utara atau Jakarta Barat, warga Jakarta Selatan juga memiliki tempat andalan untuk menikmati seafood. Dijamin bisa 'memanjakan' lidah dan perut Anda.

Dibuka pada akhir Agustus 2016, restoran seafood Jamuan Samudra menyajikan menu-menu berdasarkan resep otentik Nusantara, yang diolah dengan bumbu-bumbu kaya rempah hasil racikan Chef Sururi dan Chef Selamet yang sudah bergelut dengan hidangan seafood selama 14 tahun. Presiden RI Joko Widodo pun bukan sekali dua mencicipi hasil masakan mereka. Jadi soal kesedapan rasa, tak perlu diragukan lagi. Nah, saat berkunjung ke Jamuan Samudra, dari sekian banyak pilihan berikut menu yang saya cicipi:

BAWAL BINTANG BAKAR BUMBU KUNING
Tampilannya seperti ikan bakar pada umumnya. Tapi ternyata ikan bawalnya merupakan jenis Bawal Bintang atau dikenal juga dengan Bawal Jepang hasil budidaya laut di Kepulauan Batam dan Riau. Selama dibakar, ikan yang sudah direndam air perasan jeruk nipis ini, 8 kali diolesi bumbu yang terbuat dari 32 bumbu rempah. Waaah! Jelas beda dengan ikan bakar biasa. Disantap dengan pilihan sambal terasi, sambal mangga, rica-rica, atau dabu-dabu, sedapnya luar biasa!

CUMI TELUR ASIN
Irisan daging cumi yang berbalut tepung terigu, telur ayam, dan telur asin. Lapisan luarnya renyah sementara dagingnya lembut dan mudah dikunyah. Kalau daging cumi sudah habis, jangan biarkan bumbu tersisa di piring Anda!

UDANG JUMBO BAKAR
Ada 7 buah udang pacet yang cukup besar dalam satu porsinya. Dengan olesan margarin yang membuat daging udangnya berwarna kuning keemasan saat dibakar menambah gurih saat disantap.

SAYUR DAUN DEWA
Masakan dengan bumbu tumisan yang pas manis, gurih, dan pedasnya ini menyajikan dedaunan bertekstur lembut. Dikenal juga dengan sebutan 'samsit', yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Antara lain menghilangkan flek di wajah, mengobati rematik, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, pereda nyeri, anti radang, penurun panas, dan pembersih racun dalam tubuh. Pantas saja dinamakan Daun Dewa. Disajikan sebagai pendamping hidangan Menyantap seporsi sayuran ini rasanya langsung bakal sehat sepanjang masa.

KEPITING BUMBU LADA HITAM
Anda bisa memesan menu ini dengan tingkat kepedasan tertentu. Margarin yang bercampur dengan bumbu lada hitam menciptakan cita rasa gurih dengan 'sentuhan' pedas yang bertahan di lidah.

Restoran Jamuan Samudra ternyata dikirim langsung dari Papua. Jenis kepiting khas yang hidup di kawasan hutan bakau, di muara sungai, atau rawa-rawa pasang surut ini dibudidayakan oleh para petani di sana. Namun hanya kepiting jantan yang diperjualbelikan, itu pun harus dengan berat minimal 350 gram atau lebar kerapas 15 cm agar kelestariannya terjaga.

KEPITING ASAP
Kepiting berbumbu ini dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar di atas bara. Aroma wangi daun melekat pada daging yang bercita rasa manis dan gurih. Disajikan dengan balutan bumbu setengah kering, gurih berempah dengan tekstur agak kasar, dan cita rasanya mirip bumbu daging gepuk. Disantap dengan nasi hangat, nikmatnya luar biasa. Bagi saya, kepiting asap ini memang juara!

ES JERUK KELAPA
Jangan lupa pilih minuman ini. Selain segar, air jeruk dapat menyeimbangkan kolestrol sekaligus menghilangkan racun-racun di dalam tubuh.

Bertempat di lokasi strategis di Jakarta Selatan, restoran seafood ini memiliki lahan parkir yang cukup luas. Mobil, motor, hingga sepeda pun aman diparkir di sini.

Selain sebagai tempat makan enak, Jamuan Samudra juga memiliki showroom Batik Pesisir. Menjual kain, baju, tas, dompet, dan aksesori berbahan batik tulis dan batik cap yang dibuat para pengrajin batik dari berbagai daerah ini menjadi salah satu komitmen mempertahankan pusaka Nusantara.

Dengan konsep sebagai restoran keluarga, tempat ini bisa jadi pilihan untuk acara keluarga, reuni, atau arisan. Anda bisa memilih duduk di lantai bawah atau di lantai atas yang merupakan ruangan semi terbuka.

Lunch meeting pun bisa diadakan di sini. Di ruangan tertutup yang nyaman, perut kenyang, bisnis pun lancar. Restoran ini juga menyediakan fasilitas free wi-fi. Tak bisa dipungkiri, zaman sekarang tempat makan dan free wi-fi adalah paduan serasi dan selalu dicari. █

JAMUAN SAMUDRA
Jl. Prof. Joko Sutono SH No. 21, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka:
10.00 ‐ 23.00 wib
Harga:
Rp6.000 ‐ Rp360.000 (makanan)
Rp5.000 ‐ Rp25.000 (minuman)

---------------------------
Acara ini terselenggara atas kerjasama Jamuan Samudra dan Indoblognet MB Communication. Foto-foto suasana dan menu juga bisa dilihat di twitter dan instagram dengan tagar: #SeaFoodEnakJakartaSelatan #JamuanSamudra #SeaFoodJS


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: