Home >>Blog >Segala Rupa

Terry Endropoetro's avatar

Jiwa Indonesia dalam 200 Kata

Kegigihan, ketekunan, kesabaran, dan gotong royong merupakan nilai-nilai luhur yang terangkum menjadi Jiwa Indonesia. Walau biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun memiliki arti yang luas. Dan inilah Jiwa Indonesia dalam 200 kata.

Mempererat hubungan dengan sesama menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tolong menolong adalah bentuk terkecil dari gotong-royong. Saling membantu tanpa harus membedakan suku, warna kulit, tingkatan sosial, bahasa, dan budaya. Suasana keakraban pencipta kerukunan dan kedamaian yang tumbuh dari hati, didasari rasa saling menghormati.

Sikap tenggang rasa pun menjadi cermin kesabaran dalam kehidupan beragama. Memberi kebebasan pemeluk agama lain untuk beribadah dan tak mengusik penganut aliran kepercayaan melakukan ritual sesuai keyakinan mereka. Menekuni agama dan kepercayaan masing-masing, karena pada dasarnya ibadah merupakan hubungan pribadi antara manusia dan Sang Pencipta.

Namun kita tak lepas dari kewajiban sebagai warga negara, memberikan sesuatu untuk negeri makmur ini. Haruskah kita angkat senjata dan 'berdiri' di garis batas negara? Tak perlu berkecil hati, menunjukkan rasa cinta dan bangga pada Indonesia tak harus dengan menjadi tentara. Cukup dengan menikmati keindahan negeri ini, menjaganya tetap lestari. Mengenali budaya dan adat istiadat dari 34 provinsi. Cicipi juga kuliner khas di setiap tempat. Dan yang terpenting, jangan lupakan sejarah nusantara. Apalagi lupa mengingat nama-nama pahlawan yang sudah berjasa, masih hafalkah kita mereka berasal dari mana? Semakin gigih kita ingin mengenal negeri ini sebesar itu pulalah cinta dan bangga kita pada bangsa sendiri.

Jadi, seberapa besar Jiwa Indonesia-mu? █


Comments (1)

Topic:
Sort
0/5 (0)
Gravatar
Tukang Jalan Jajan says...
Indonesia tanah air beta, tempat akhir sampai menutup mata :)

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
Captcha
Refresh
 
Enter code: